Jelang Pilkades, Ratusan Cakades di Purwakarta Gelar Deklarasi Damai Secara Virtual

Cakades di Purwakarta saat penandatanganan deklarasi damai. (JabarNews)

“Semua harus taat dan patuh pada peraturan, meminimalisir konflik, yang menang terhormat, kalahpun bermartabat,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan, deklarasi damai ini awal dibuka kembalinya kegiatan tahapan Pilkades setelah kurang lebih dua bulan terhenti.


“Untuk tahap pelaksanaan pada 10, 11 dan 12 Oktober 2021 ini bakal memasuki tahapan kampanye. Sementara pada tanggal 13,14, dan 15 Oktober 2021 masuk hari tenang.

Untuk pemungutan suara atau pelaksanaan Pilkades dilakukan pada 16 Oktober 2021. Serta untuk pelantikan Kades terpilih dilakukan pada 18 Oktober 2021,” ungkap Jaya.

Baca Juga:  Utusan Khusus PBB Desak Pemimpin Junta Myanmar Untuk Mengundurkan Diri

Dilaksanakannya, beberapa poin ikrar yang diucapkan para calkades diantaranya akan mematuhi dan melaksanakan seluruh rangkaian tahapan pemilihan kepala desa secara tertib, aman, damai, beretika dan bertanggung jawab, serta bersedia dituntut secara hukum apabila melanggar ikrar ini.

“Para calkades sudah berikrar untuk melakukan deklarasi damai. Saya sangat menghormati baik yang petahana maupun yang baru untuk taat dan patuh pada aturan yang berlaku,” harap Jaya.(Gin)