Konsumsi Kentang Merah yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

PURWAKARTAUPDATE.com | Kentang tidak hanya memiliki satu jenis saja. Salah satu jenis kentang yang layak dicoba adalah kentang merah. Sesuai namanya, kentang ini memiliki kulit luar yang berwarna merah dengan dagingnya yang sama seperti kentang pada umumnya.

Kentang merah adalah sumber yang kaya vitamin, mineral dan serat, memiliki jumlah lemak dan natrium yang sedikit, dan sepenuhnya bebas kolesterol. Karena kandungan tersebut kentang satu ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat kentang merah bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Mengenal Desa Bendul, Sudah Ada Sejak Pemerintahan Belanda Tahun 1911

Pertama. Menurunkan Tingkat Stres – Manfaat kentang merah yang pertama adalah untuk menurunkan tingkat stres. Kentang merah memiliki setidaknya 10% dari nilai harian Vitamin B6 yang direkomendasikan. Vitamin ini sangat penting untuk pembaruan sel, sistem saraf yang sehat, dan menyeimbangkan suasana hati.

Penambahan vitamin ini, bersama dengan manfaat lainnya dari kentang merah, akan membantu mengatasi stres sehari-hari dan juga menurunkan kolesterol serta membantu mencegah penyakit jantung. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kentang ini, Anda bisa memanggang kentang merah.

Baca Juga:  Stok Oksigen Habis, RS Holistic Purwakarta Tak Terima Pasien Untuk Sementara

Kedua. Menunjang Imunitas – Manfaat kentang merah yang selanjutnya adalah dapat mendukung imunitas. Kentang memiliki 45% dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Meskipun kulit kentang merah menyediakan sebagian besar serat, bagian dalam kentang merahlah yang dikemas dengan vitamin C.

Nutrisi ini sangat penting bagi tubuh kita secara keseluruhan, dan membantu memperbaiki jaringan tubuh serta menyediakan antioksidan. Kentang merah juga banyak mengandung vitamin C daripada yang tersedia pada tomat.

Ketiga. Menjaga tubuh dari radikal bebas – Radikal bebas adalah senyawa yang dapat menyerang dan melemahkan sel sehat. Jika dibiarkan, senyawa ini berpotensi membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Baca Juga:  Wujud Quick Wins Presisi, Satlantas Polres Purwakarta Rutin Lakukan Gatur Lantas

Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kabar baiknya, kentang merah mengandung vitamin C yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.(Red)