Semangat! Prajurit Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Ikuti Latihan UST Seksi

PURWAKARTAUPDATE.com | Usai mengikuti Latihan Taktis tingkat Seksi (Lattis Sie), prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad kini menjalani Latihan Uji Siap Tempur (UST) tingkat seksi yang digelar di kawasan Bumi Indah City (BIC), Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Diketahui, Latihan yang digelar selama lima hari dan di ikuti oleh 120 prajurit itu tentunya dengan menomorsatukan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

Menurut Komandan Batalyon (Danyon) Armed 9 Pasopati Kostrad, Letkol Arm Andi Achmad Afandi, Latihan UST tingkat seksi ini merupakan program latihan rutin yang dilaksanakan jajaran Batalyon Armed 9 Pasopati guna mempersiapkan dan melatih satuan agar siap kapanpun dimanapun untuk dapat melaksanakan tugas bila diperlukan atau didadak sekalipun.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Purwakarta Imbau Masyarakat Agar Waspada Varian Baru Omicron

“Jadi UST tingkat seksi ini merupakan latihan lanjutan dari Lattis Sie, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para prajurit dari hasil latihan Lattis Sie beberapa waktu lalu,” ungkap pria yang akrab disapa Andi itu, pada Selasa (15/6/2021).

Dijelaskannya, pelaksanaan latihan UST tingkat seksi ini juga melatih tiap-tiap unsur didalam seksi baik Komandan seksi, Peninjau, Sat Bak maupun Pibak dapat melatih di bidangnya masing-masing sehingga tiap-tiap personil dapat mengetahui tugas dan tanggung jawabnya.

“Intinya UST tingkat seksi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mengukur dan menguji kemampuan dan kesiapsiagaan prajurit dalam bertempur,” tutur pria yang dikenal dengan keramahannya itu.

Baca Juga:  Karang Taruna Purwakarta Himbau Masyarakat Tidak Menyebar Hoax Vaksinasi Covid-19

Andi menambahkan, latihan ini merupakan progam yang rutin dilaksanakan setiap tahun sekali untuk mencapai standarisasi yang telah ditentukan oleh Angkatan Darat dalam kecabangan Artileri Medan, sehingga prajurit harus menunjukkan kemampuan yang profesional dan disiplin yang tinggi tentang kecabangan Artileri Medan dalam melaksanakan operasi tempur

“Setiap prajurit harus melakukan latihan tersebut dengan serius dan semangat, sehingga mampu mengoptimalkan aplikasi doktrin, teknik dan taktik bertempur prajurit dengan Alutsista Meriam Caesar 155 yang dimiliki serta meningkatkan kualitas individu sesuai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai tantangan yang dihadapi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi Covid-19 di Purwakarta Baru 27 Persen

Sehingga, Danyon menambahkan, nantinya para prajurit Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad dapat melaksanakan tugas dengan berhasil guna dan berdaya guna apabila melaksanakan penugasan yang sebenarnya.

“Latihan UST tingkat seksi ini merupakan latihan yang dilaksanakan secara terprogram dan berkesinambungan, sehingga latihan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya oleh penyelenggara dan pelaku UST dalam memahami tugas dan perannya sebagai prajurit yang berkualitas serta profesional dalam kecabangan Artileri Medan,” pungkas Letkol Arm Andi Achmad Afandi.(Gin)

Selengkapnya, klik: www.jabarnews.com