Gunung Sanggabuana Karawang Jawa Barat Diusulkan Jadi Taman Nasional

Ilustrasi Gunung Sanggabuana, Karawang. (Foto: Net)

PURWAKARTAUPDATE.com | Penampakan seekor macan tutul Jawa jenis langka, terekam kamera trap. Macan tersebut tengah berkeliaran di Gunung Sanggabuana, Karawang, Jawa Barat. 

Penampakan macan tutul ini terungkap dari ekspedisi Sanggabuana Wildlife Expedition bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi dan sejumlah otoritas terkait dengan konservasi alam di Gunung Sanggabuana.

Dedi Mulyadi mengatakan, awalnya pihak Komisi IV DPR RI menerima hasil temuan tim Sanggabuana Wildlife Expedition yang dilakukan sejak Juli 2020 di jajaran Pegunungan Sanggabuana terkait keberadaan macan tutul Jawa.

Baca Juga:  Mengenal Desa Bendul, Sudah Ada Sejak Pemerintahan Belanda Tahun 1911

“Menindaklanjuti temuan itu, Dedi pun mendukung tim ekspedisi untuk memantau dengan kamera trap,” ujar Dedi dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (19/9/2021) 

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno untuk menurunkan tim ke Sanggabuana. 

Wiratno, kata Dedi Mulyadi, kemudian mendelegasikan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Ahmad Munawir yang datang bersama tim 5 orang serta 20 unit kamera trap.

Baca Juga:  Momentum Liburan, Polres Purwakarta Siaga Kamtibmas di Lokasi Obyek Wisata