Kembangkan Wisata Kreatif, Disporaparbud Purwakarta Berikan Pelatihan Bagi Pokdarwis

Pembinaan Pokdarwis Purwakarta di Bungursari Lake Park. (Foto: Dok. Pokdarwis Purwakarta)

Purwakartaupdate.com, Purwakarta – Dalam rangka mengoptimalkan kelembagaan dan pemetaan potensi destinasi wisata di Kabupaten Purwakarta, Pemerintah Kabupaten Purwakarta Dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) lakukan pembinaan dan pendataan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Kegiatan yang digelar di Objek Wisata Bungursari Lake Park itu dalam rangka memicu semangat bagi pokdawis untuk bergerak aktif bersama masyarakat di lingkungan destinasi dalam pengembangan pariwisata.

Ketua Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (FK Pokdarwis) Kabupaten Purwakarta, Mokhamad Aripin, mengatakan, Pokdarwis merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat serta bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan mensukseskan pembangunan pariwisata nasional.

Baca Juga:  Pasca Pandemi Covid-19, Pokdarwis Komitmen Bangkitkan Kembali Pariwisata di Purwakarta

Pelatih dan pendataan Pokdarwis ini, Kata dia, sangat penting dalam peningkatan pengetahuan dan motivasi bagi pelaku pariwisata khususnya Pokdarwis mengelola destinasi dan daya tarik wisata yang berdaya saing.

“Purwakarta memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan sektor pariwisata. Oleh karena itu, pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang krusial dalam mendukung pertumbuhan sektor ini,” ucap pria yang akrab disapa Kang Ipin itu, pada Kamis, 6 Juli 2023.

Kang Ipin menilai, Kabupaten Purwakarta perlu berinvestasi dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi para pelaku pariwisata agar dapat memberikan pengalaman yang unik dan berkesan bagi para wisatawan.

Baca Juga:  Menkes Bersama Bupati Purwakarta Resmikan Pabrik Alat Kesehatan di Campaka