Risman Awali Bisnis Hammock di Usia 17 Tahun dan Makin Maju Selang Waktu 6 Tahun

Tas produksi Monte Equipment. (Foto: Jabarnews)

PURWAKARTAUPDATE.com | Pada 2015, hammock yang dibuat sendiri akhirnya mengawali bisnis perlengkapan outdoor yang dirintis Risman saat berumur 17 tahun. Bisnis itu semakin maju dalam selang waktu enam tahun.

Berasal dari keinginan membeli buaian atau hammock yang harganya mahal, Muhammad Risman Sobari (23) terinspirasi untuk membuatnya.


“Waktu itu saya masih sekolah. Ingin punya ayunan kayak punya senior saya, tapi harganya mahal, jadi coba buat sendiri,” kata Risman di Monte Equipment Store miliknya, Jalan Cihanjuang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga:  Ingin Cepat Diterima Kerja? Berikut ini Tips yang Bisa Dilakukan

Dengan modal Rp1 juta hasil urunan dengan kawannya, saat itu dia membuat hammock di kamarnya yang berukuran 3×3 meter. Tumbuh di lingkungan pecinta alam, banyak temannya yang kemudian tertarik dengan hammock buatan Risman.

“Satu hammock modal Rp50 ribu, dijual Rp300 ribu. Penjualan hammock terus meningkat, karena waktu itu sedang mulai populer. Sampai dua tahun itu makin ramai orang yang membeli,” kata lulusan SMK Negeri 1 Cimahi.