Mantap! Petugas Lapas Purwakarta Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba

PURWAKARTAUPDATE.com | Upaya penyelundupan Narkoba ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat berhasil digagalkan petugas, Selasa (27/7/2021).

Upaya penyelundupan tersebut dilakukan pelaku dengan cara melempar paket Narkoba dari luar Lapas.


Kalapas Kelas IIB Purwakarta, Sopiana, mengungkapkan jika peristiwa upaya penyelundupan barang diduga narkoba tersebut terjadi sekira pukul 02.30 WIB.

“Pada saat patroli petugas jaga menemukan benda mencurigakan di blok B persisnya di lapangan yakni satu bungkus plastik yang di duga narkoba,” ucap Sopiana, saat ditemui di Lapas Kelas IIB Purwakarta, pada Selasa (27/7/2021).

Baca Juga:  Brimob Jabar Gencar Datangi Warga Himbau Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Setelah menemukan barang tersebut, sambung dia, petuga langsung melaporkan kepada atasannya dan pada pukul 08.30 WIB, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Polres Purwakarta.

“Kami langsung berkoordinasi dengan pihak Polres untuk mengecek kebenaran daripada barang yang  ditemukan tersebut. Tadi sudah kita buka secara bersama-sama dengan pihak Polres Purwakarta bahwa barang tersebut barang mencurigakan tersebut duga narkoba jenis sabu dengan berat kurang lebih sekitar 5 gram,” jelas Sopiana.

Menurutnya, kuat dugaan barang itu dilempar dari luar lapas melewati tembok benteng setinggi lebih dari empat meter dengan kawat satu meter.

Baca Juga:  Ratusan Warga Binaan di Lapas Purwakarta Ikuti Serbuan Vaksinasi Covid-19

“Setelah kami cek CCTV, kurang lebih 01.30 WIB ada lemparan dari luar oleh dua orang yang mengendarai motor, akan tetapi tidak kelihatan karena posisi gelap sehingga tidak terlihat jelas pelaku yang melempar barang tersebut,” ungkap Sopiana.

Ia mengungkapkan, pihaknya menyerahkan kasus tersebut kepada polisi dan pihaknya akan membantu penyelidikannya.

Selanjutnya untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang, Sopiana menegaskan, Lapas akan mengoptimalkan petugas dalam melakukan kontrol keliling ke luar tembok secara berkala.

“Kami akan optimalkan petugas untuk kontrol keliling di luar pagar secara berkala. Pasalnya keberadaan lokasi Lapas Purwakarta ini dekat dengan jalan raya dan tembaknya juga masih pendek, jadi tidak menutup kemungkinan masih ada oknum masyarakat luar yang masih melakukan hal yang tidak pas yang tidak mendukung proses pembinaan di Lapas Purwakarta ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Rumah Ibadah dan Pondok Pesantren di Purwakarta Disasar Vaksinasi Covid-19

Pihaknya sangat mengapresiasi upaya penggagalan penyelundupan narkoba ke dalam lapas yang dilakukan oleh para petugas.

“Ini bentuk komitmen bersama kami dalam memerangi narkoba di Lapas Kelas IIB Purwakarta ini,” pungkasnya.(Gin)