Satpol PP Purwakarta Segel Bangunan Liar yang Menyalahi Aturan

PURWAKARTAUPDATE.com | Sebuah bangunan yang dinilai menyalahi aturan dalam pembangunannya disegel Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Bangun itu dinilai liar karena berada di sempadan Sungai Ciherang, Desa Sawah Kulon, Kecamatan Pasawahan, lokasinya hanya lima meter dari bibir sungai yang diketahui milik Dedi Mulyadi warga setempat.

“Bangunan itu, milik Dedi Mulyadi warga setempat. Sepertinya, akan dibuat untuk usaha, bisa ruko atau sejenisnya. Karena, bangunan itu dua lantai,” ujar Kabid Trantibum Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Teguh Juarsa. Jumat (28/5/2021).

Baca Juga:  Ancaman Pemecatan, Bagi ASN Terlibat Jual Beli Vaksin Covid-19

Ia menambahkan dalam penyegelan tersebut, sebelumnya telah melakukan pengecekan lokasi tersebut, bangunan yang masih berupa konstruksi itu, lokasinya memang menyalahi aturan. Serta, sifatnya membahayakan.

Menurutnya, warga tidak bisa seenaknya mendirikan bangunan, terutama di sempadan sungai. Dalam aturan ketataruangan, bangunan di sempadan sungai, minimal jaraknya harus 30 meter dari bibir sungai. Sedangkan, bangunan milik Dedi Mulyadi ini jaraknya hanya 5 meter dari bibir sungai.

Apalagi, bangunan dengan ukuran 7×10 meter ini belum berizin. Meskipun, lokasinya berada di tanah milik warga tersebut. Karena menyalahi aturan, maka pihaknya sudah menyegel bangunan tersebut.

Baca Juga:  DPRD Jabar Imbau Masyarakat Taati Aturan Larangan Mudik

“Kami juga sedang berkoordinasi dengan Dinas Tata Ruang dan Permukiman, mengenai bangunan liar di sempadan sungai ini,” ujar Teguh.

Ia menyebut, bangunan liar seperti ini sepertinya banyak. Akan tetapi, karena keterbatasan SDM, pihaknya belum maksimal dalam penindakan bangunan liar ini.

Sementara, terkait dengan pemilik bangunan liar di sempadan Sungai Ciherang apakah Dedi Mulyadi anggota DPR RI, Teguh membantahnya. Pemiliknya merupakan warga biasa yang kebetulan namanya sama dengan mantan orang nomor satu di Purwakarta itu.

Baca Juga:  Perahu Tabrak Tunggul Kayu, Satu Orang Hilang di Waduk Jatiluhur

Selengkapnya, klik: www.jabarnews.com

Bagikan: