Pemkab Purwakarta Gandeng Karang Taruna Tangani Dampak Pendemi

PURWAKARTAUPDATE.com | PURWAKARTA – Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun ini menimbulkan dampak yang mengakibatkan pelemahan hampir disemua sektor. Oleh karena itu, dalam mitigasi bencana non alam yang dilakukan pemerintah juga harus dibarengi dengan peran serta seluruh lapisan masyarakat, termasuk unsur Karang Taruna diberbagai tingkatan.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada penyerahan bantuan masker dan vitamin untuk warga terdampak pandemi dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, di Bale Janaka, Jumat 3 September 2021.

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan kepada jajaran Pengurus Karang Taruna Kabupaten Purwakarta yang selanjutnya akan didistribusikan ke tingkat kecamatan hingga desa.

Baca Juga:  Kerjasama Dengan Puskesmas, Petugas dan Warga Binaan Lapas Purwakarta Ikuti Vaksinasi

“Kami mendorong peran aktif Karang Taruna disemua tingkatan untuk mengawal berbagai bantuan sosial yang telah didistribusikan pemerintah, baik dari pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah kabupaten. Karang Taruna harus hadir mendampingi warga. Koordinasikan dengan para pihak terkait dan pastikan berbagai bantuan tersebut tepat sasaran,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, ribuan paket masker dan vitamin tersebut harus tersebar seluruh kecamatan secara proporsional. “Karang Taruna bisa berkoodinasi dengan gugus tugas setempat agar bantuan tersebut bisa terdistribusikan dengan baik,” kata Ambu Anne.

Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja, Bupati Purwakarta Kukuhkan 59 Pejabat Hasil Rotasi Mutasi

Sementara, dari sisi anggaran kegiatan Karang Taruna, Bupati Purwakarta juga mendorong penambahan anggaran untuk Karang Taruna di desa-desa dari DBHP yang ada di DPMD.