Wow! Sukasari Satu-Satunya Zona Hijau Covid-19 di Purwakarta

PURWAKARTAUPDATE.com | Dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta, hanya Sukasari yang mampu bertahan di zona hijau sampai saat ini. Sedangkan 16 Kecamatan lainnya telah berstatus zona orange dan zona merah.

Camat Sukasari, Muhammad Kosim, mengatakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, merupakan kunci bagi suatu Kecamatan Sukasari dalam mempertahankan posisinya sebagai zona hijau penyebaran Covid-19 di Kabupaten Purwakarta.

“Untuk mempertahankan hal itu, pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Sukasari terus ditingkatkan. Penanganan penyebaran Covid-19, kita senantiasa bersinergi memberikan imbauan-imbauan agar masyarakat patuh dalam menerapkan protokol kesehatan,” tutur Pria yang akrab disapa Kosim itu, pada Selasa (22/6/2021).

Baca Juga:  Libatkan Tokoh Agama dan Budaya, Kementerian PPN/Bappenas Pertajam Rancangan Awal RPJPN 2025-2045

Menurut dia, yang paling penting itu peran aktif masyarakat dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (forkopimkec) Sukasari yang mengawal protokol kesehatan menjadi kunci Kecamatan Sukasari berada di zona hijau.

“Alhamdulillah, Kecamatan Sukasari sampai hari ini masih zona hijau. Tentu hal ini tak terlepas dari dukungan, kekompakan dan sinergitas, terutama sekali Forkopimkec lah dan ini kerja keras kita bersama,” tuturnya.

Selain itu, Kosim menambahkan, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat yang patuh menerapkan protokol kesehatan.

“Memang kita tidak bangga dengan zona hijau, tapi kita harus waspada terus lah. Karena bahaya corona ini kalau nampak di mata tak apalah. Tapi ini barang tak nampak, ini yang bahaya betul. Jadi kita sangat bersyukur dengan zona hijau ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemcam Sukasari Genjot Percepatan Vaksinasi Covid-19 Hingga ke Ujung Purwakarta

Kosim mengatakan, meski berstatus zona hijau, upaya pencegahan tetap terus dilakukan. Masyarakat tetap dikawal agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

“Misalnya seperti mengimbau warga menggunakan masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, sering mencuci tangan pakai sabun dan mengurangi bepergian bila tidak perlu,” ucap Kosim.

Terpisah, Kapolsek Sukasari, AKP Asep Yusup menegaskan, meskipun wilayah masuk kategori zona hijau penyebaran Covid-19 namun pihaknya tidak kendor memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Tiga Belas Tahun Sudah Otonomi Daerah, Seberapa Mandiri Purwakarta?

Tak hanya itu, tambah dia, pihaknya pun terus menggelar operasi yustis guna mempertahankan Kecamatan Sukasari tetap pada zona hijau penyebaran Covid-19 ini.

Asep mengklaim, kegiatan operasi yustisi dilakukan setiap harinya dengan melibatkan TNI-Polri, Satpol PP dan juga dari gugus Covid-19 secara bersama-sama.

“Kegiatan operasi yustisi itu dilakukan setiap hari, sesuai arahan dari bapak Kapolres Purwakarta. Kemudian juga rekan kita Babinkamtibmas, Babinsa senantiasa terus menerus menggaungkan kepada masyarakat untuk senantiasa taat pada protokol kesehatan. Sayangi anak istri, keluarga, terutama di wilayah Kecamatan Sukasari yang saat ini zona hijau,” tutur Asep.(Gin)