Bus Primajasa Terguling di Tol Cipularang, Begini Kronologinya

PURWAKARTAUPDATE.com | Pasca lebaran, kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas Tol Cipularang KM 84.400 B, tepatnya di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa (18/5/2021) petang.

Kecelakaan tunggal melibatkan bus Primajasa bernomor polisi B 7077 VB yang dikendarai oleh Yayat Nuryatna (29) warga Cilimus RT 2/3, Karangmulya, Malangbong, Garut.

Kapolres Purwakarta, AKBP Ali Wardana melalui Kanit Laka Lantas, IPDA Jamal Nasir mengatakan kecelakaan tersebut disebabkan karena rem bus blong.

Diceritakan IPDA Jamal, Awalnya kejadian ini saat bus Primajasa datang dari arah Bandung menuju Jakarta tengah berjalan di lajur 2.

Baca Juga:  Innalillahi, Ban Pecah di Tol Cipularang, Seorang Penumpang Tewas Seketika

“Tiba di lokasi kejadian menurut pengakuan pengemudi ada kendaraan truk yang tak tahu identitasnya berusaha menyalip berpindah ke lajur 2. Tapi, karena jalan menurun, pengemudi berusaha mengerem namun bus tak bisa mengerem alias blong,” tutur pria yang akrab disapa Jamsir itu, pada Rabu (19/5/2021).

Untuk menghentikan laju kendaraannya pengemudi pun, kata dia, mencari cara agar bus berhenti yakni dengan berusaha menghentikan bus melalui memepetkan ke median dalam hingga akhirnya menabrak pembatas di KM 84 hingga akhirnya terbalik miring di lajur 2 menghadap utara.

Baca Juga:  Hujan Deras, Perum Villa Grand Cikao Terendam Banjir, Sebanyak 25 KK Diungsikan

“Bus posisi akhir di lajur 2 hadap utara dengan terbalik miring roda kanan di atas. Petugas langsung ke lokasi dan mendata identitas pengemudi serta kendaraan,” ujarnya.

Jamsir menambahkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, ada delapan orang mengalami luka-luka hingga dilarikan ke rumah sakit Rama Hadi Purwakarta

“Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Namun, Delapan orang mengalami luka yang dilarikan ke rumah sakit Rama Hadi Purwakarta sudah diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan,” tutur Jamsir.

Baca Juga:  Innalillahi, Satu Orang Meninggal Dalam Kecelakaan Mikrobus di Tol Cipularang

Sementara itu, kedelapan korban luka dalam kecelakaan ini, sebagai berikut Yayat Nuryatna (29) warga Cilimus RT 02/03 Karang Mulya Malangbong Garut, Ajay (39) warga Pasir Jati, Asep Nurahman, warga Tasikmalaya, Yayat Sahroyat (36) warga Jalan Marta Cijambe Tengah, Cijeungjing, Ujungberung, Bandung.

Taskin Bin Setrowirono (36), Alek Iskandar (44) warga Dusun/Desa Tengah Cihaurbeuti, Ciamis, Tarsini (56) warga Kampung Laksanamekar RT 006/001 Karyamandala Salopa, Cicih Ratnaningsih (40) warga Perum Pesona Sasmita Indah No 2B Pamulang.(Jabarnews.com)