Antara Lucu dan Iba, Keberadaan Badut Jalanan Mewarnai Jalanan di Purwakarta

Ilustrasi badut jalanan dengan karakter doraemon. (Foto: Net)

PURWAKARTAUPDATE.com | Semenjak pandemi covid-19 melanda, keberadaan badut-badut jalanan dengan berbagai karakter film animasi, nampak mewarnai sudut-sudut taman dan pinggir-pinggir jalanan di Purwakarta. Ada yang merasa lucu dan terhibur, ada juga merasa iba dibalik kehadiran mereka.

Para badut dengan karakter Boboiboy, Upin, Ipin, Mickey Mouse, Doraeman dan karakter lainnya itu berkeliling di sekitar wilayah Purwakarta Kota bahkan ada juga yang menjelajahi sejumlah kecamatan, mengharap recehan dari warga, pengunjung taman maupan para pengguna jalan.


Kadang ada yang memberinya hanya lima ratus rupiah, seribu, dua ribu, lima ribu sampai sepuluh ribu. Kadang hanya lambaian tangan. Bahkan ada juga pengendara mobil dengan kaca tertutup yang tak memberi respon.

Baca Juga:  Jelang HPN 2022, Menteri LHK Ajak PWI Gaungkan Isu Kepedulian Lingkungan

Salah seorang dibalik kostum badut itu, sebut saja Andriana, pemuda berusia 21 tahun asal Desa Ciasem Girang Kecamatan Sukamandi, Kabupaten Subang itu setiap hari menyusuri jalanan di sekitaran Purwakarta Kota, sesekali ia pernah sampai juga hingga Kecamatan Jatiluhur. Pekerjaan ini sudah dijalani oleh Andrian sekitar empat bulan.

Karena mengenakan kostum yang berat, panas dan pengap seringkali membuat dia kelelahan. Sesekali dia nampak menyandarkan diri di warung-warung untuk sekedar melepas lelah dan membeli minuman ringan.