IWO Purwakarta Laporkan RSIA ke Kementerian LHK

PURWAKARTAUPDATE.com | PD Ikatan Wartawan Online Purwakarta laporkan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Fathia ke Kementerian Lingkungan Hidup terkait dengan pembuangan limbah medis sembarang yang berceceran di pinggir jalan.

Ketua Ikatan Wartawan Online Purwakarta, Wakil Sekertaris IWO Purwakarta Septio Ali Reza, S.Ak mengatakan bahwa laporan ke Kementerian LHK dilakukan secara online karena di sarankan oleh pihak Kementerian untuk membuat laporan terlebih dahulu.

“Kita sudah laporkan pembuangan limbah medis ini ke Kementerian LHK, dengan nomor registrasi 210597,” ujar septio yang juga aktivis mahasiswa, Jum’at (16/7/2021).

Baca Juga:  Tindakan Penarikan Motor Secara Paksa Oknum Debt Collector Dilarang di Purwakarta

Menurutnya, dirinya yang merekam kejadian awal mula adanya limbah yang berserakan di pinggir jalan depan RSIA Bunda Fathia. Ia pun sempat memperingatkan ke petugas pengangkut sampah dari dinas LH Purwakarta ketika akan di angkut bahwa itu limbah medis tidak boleh di angkut sembarang.

“Akhirnya para petugas dari Dinas LH itu tidak mengangkut limbah medis,” ujar Septio dan Teguh yang menyaksikan kejadian pada Rabu (14/07/2021) dilokasi.

Sementara Sekertaris Umum PD IWO Purwakarta Teguh Wahyudin, pihaknya peduli terhadap lingkungan di tengah pandemi Covid-19, apalagi ini limbah medis yang merupakan limbah berbahaya (B3). Ada kemungkinan bekas pasien covid-19, IWO Purwakarta sebagai sosial control akan tetap mengawal hal ini.

Baca Juga:  Surat Terbuka yang Kedua Kalinya Dari Irjen Napoleon Bonaparte

“Kita sudah komunikasi ke pihak Kementerian LH langsung, Allhamdulilah mendapat respon baik. Mereka saat ini sedang mempelajari kasus ini dan kami sudah kirim bukti yang kami miliki ke mereka melalui pesan WhatsApp dan siap untuk dimintai keterangan,” tandasnya.