Bupati Anne Ratna: Bangkitkan Persatuan dalam Membangun Bangsa

PURWAKARTAUPDATE.com | Dalam momentum Hari Kebangkitan nasional untuk bangkitkan rasa persatuan dan kesatuan dalam membangun NKR.

“Selamat Hari Kebangkitan Nasional. Jadikan momentum ini untuk bangkitkan rasa persatuan, dan kesatuan dalam membangun NKRI, agar kita bisa bangkit dari keterpurukan di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Anne Ratna Mustika dalam akun instagramnya @anneratna82, Kamis (20/5/2021).

Anne Ratna Muustika pun turut menyerukan tajuk Hari Kebangkitan Nasional yang di peringati ke 113 di tahun 2021.

Baca Juga:  PPKM Darurat Purwakarta, Aktifitas Masyarakat Tidak Melebihi Jam 8 Malam

“Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh,” ujarnya.

Untuk diketahui, penetapan Hari Kebangkitan Nasional merujuk pada tanggal berdirinya organisasi Boedi Oetomo, 20 Mei 1908.

Pada 20 Mei 1908, Dr Wahidin Soedirohoesodo bersama tiga mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) mendirikan organisasi Boedi Oetama.

Mengutip Harian Kompas, 19 Mei 1973, ketiga mahasiswa itu adalah Soetomo, Gunawan Mangunkusumo, dan Suraji yang telah lama mengagumi dr Wahidin melalui majalah Retno Dumilak.

Pendirian organisasi ini sekaligus menandai kebangkitan nasional Indonesia. Sebab, sejarah Indonesia sejak saat itu memasuki babak baru, yaitu pergerakan nasional.

Baca Juga:  Wabup Purwakarta: Program TMMD Bentuk Sinergitas Antara TNI, Pemerintah dan Rakyat

Artinya, semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mulai lahir saat itu.(Jabarnews.com)